Skip to main content

Apaitu Alkohol, rekasi, sifat dan jenisnya dalam kehidupan kita

Alkohol adalah grup senyawa organik dengan gugus peranan hidroksil (-OH) di mana R nya dapat berbentuk alifatis serta aromatis. Alkohol dapat dibedakan jadi 3 yakni A. primer, A. sekunder serta A. tersier.

Alkohol primer, sekunder serta tersier monofungsional yang molekulnya memiliki kandungan kurang dari 6 atom c dapat dibedakan keduanya dengan pereaksi lucas (zn cl 2/HCL). Diamana alkohol tersier. Benzil alkohol serta alkil alkohol dengan pereaksi lucas bereaksi saat itu juga membuat satu larutan berkabut (dalam beberapa hal teramati 2 susunan). Sedang alkohol sekunder membuat larutan berkabut (bagian atas) kurun waktu 3 – 10 menit. Walau demikian alkohol primer beraksi sangat lambat sekali bahkan juga untuk alkohol prikmere dengan atom c dari 10 tidak bereaksi sekalipun.

Karakter – karakter Alkohol

titik didih, alkohol mempunyai titik didih yang relatif tinggi, hal semacam ini dikarenakan ada ikatan hidrogen antar molekulnya.
Kelarutan, kelarutan di air menyusut bersamaan jadi bertambah panjangnya rantai karbon. Metanol serta etanol larut prima di air, pentanol sukai larut. Kelarutan alkohol terkait dengan gugus OH yang berbentuk polar, sesaat R berbentuk non polar. Kelarutan di air berjalan dikarenakan oleh ikatan hidrogen antar alkohol serta air.

karakter kimia alkohol

gugus OH adalah gugus yang cukup relatif hingga gampang ikut serta dalam berebagai type reaksi


KEISOMERAN PADA ALKOHOL
Senyawa yang memiliki rumus molekul sama dimaksud isomer. Keisoran dapat berlangsung karna ketidaksamaan susunan/karna konfigurasi. Susunan melukiskan bagaimana atom – atom sama-sama berekaitan dalam satu molekul, yakni melukiskan pada mengikat apa, sedang konfigurasi melukiskan susunan ruang atom – atom dalam satu molekul.

keisomeran optik

kp dalam alkohol mulai terdapat pada proponal yang mempunnyai 2 isomer, yakni 1 proponal serta 2 proponal
untuk memastikan keisomeran alkohol (tempat), awalilah dengan pikirkan kerangka atom karbonnya, lalu pikirkan peluang tempat yang berlainan pada tiap-tiap bentuk kerangka atom karbon.

keisoran optik

terdapat pada alkohol tt spt 2 butanol, memiliki 2 isomer optik.

Reaksi – Reaksi Alkohol

Hide Original Sentences
Alkohol merupakan kelompok senyawa organik dengan gugus fungsi hidroksil (-OH) dimana R nya dapat bersifat alifatis dan aromatis. Alkohol dapat dibedakan menjadi 3 yaitu A. primer, A. sekunder dan A. tersier. Alkohol primer, sekunder dan tersier monofungsional yang molekulnya mengandung kurang dari 6 atom c dapat dibedakan satu sama lainnya dengan pereaksi lucas ( zn cl 2 / HCL ). Diamana alkohol tersier. Benzil alkohol dan alkil alkohol dengan pereaksi lucas bereaksi seketika membentuk suatu larutan berkabut ( dalam banyak hal teramati 2 lapisan ). Sedangkan alkohol sekunder membentuk larutan berkabut( bidang atas ) dalam waktu 3 – 10 menit. Akan tetapi alkohol primer beraksi sangat lambat sekali bahkan untuk alkohol prikmere dengan atom c dari 10 tidak bereaksi sama sekali. Sifat – sifat Alkohol titik didih, alkohol memiliki titik didih yang relatif tinggi, hal ini disebabkan adanya ikatan hidrogen antar molekulnya. Kelarutan, kelarutan dalam air berkurang seiring bertambah panjangnya rantai karbon. Metanol dan etanol larut sempurna dalam air, pentanol suka larut. Kelarutan alkohol berkaitan dengan gugus OH yang bersifat polar , sementara R bersifat non polar. Kelarutan dalam air berlangsung disebabkan oleh ikatan hidrogen antar alkohol dan air. sifat kimia alkohol gugus OH merupakan gugus yang cukup relatif sehingga mudah terlibat dalam berebagai jenis reaksi KEISOMERAN PADA ALKOHOL Senyawa yang mempunyai rumus molekul sama disebut isomer. Keisoran dapat terjadi karena perbedaan struktur / karena konfigurasi. Struktur menggambarkan bagaimana atom – atom saling berekaitan dalam satu molekul , yaitu menggambarkan pada mengikat apa , sedangkan konfigurasi menggambarkan susunan ruang atom – atom dalam satu molekul . keisomeran optik kp dalam alkohol mulai terdapat pada proponal yang mempunnyai 2 isomer, yaitu 1 proponal dan 2 proponal untuk menentukan keisomeran alkohol (posisi), mulailah dengan memikirkan kerangka atom karbonnya, kemudian memikirkan kemungkinan posisi yang berbeda pada setiap bentuk kerangka atom karbon. keisoran optik terdapat pada alkohol tt spt 2 butanol , mempunyai 2 isomer optik. Reaksi – Reaksi Alkohol
 Alkohol merupakan kelompok senyawa organik dengan gugus fungsi hidroksil ( -OH ) dimana R nya dapat bersifat alifatis dan aromatis . Alkohol dapat dibedakan menjadi 3 yaitu A . primer , A . sekunder dan A . tersier .

      Alkohol primer , sekunder dan tersier monofungsional yang molekulnya mengandung kurang dari 6 atom c dapat dibedakan satu sama lainnya dengan pereaksi lucas ( zn cl 2 / HCL ) . Diamana alkohol tersier . Benzil alkohol dan alkil alkohol dengan pereaksi lucas bereaksi seketika membentuk suatu larutan berkabut ( dalam banyak hal teramati 2 lapisan ) . Sedangkan alkohol sekunder membentuk larutan berkabut ( bidang atas ) dalam waktu 3 – 10 menit . Akan tetapi alkohol primer beraksi sangat lambat sekali bahkan untuk alkohol prikmere dengan atom c dari 10 tidak bereaksi sama sekali .

        Sifat – sifat Alkohol

    titik didih , alkohol memiliki titik didih yang relatif tinggi , hal ini disebabkan adanya ikatan hidrogen antar molekulnya .
    Kelarutan , kelarutan dalam air berkurang seiring bertambah panjangnya rantai karbon . Metanol dan etanol larut sempurna dalam air , pentanol suka larut . Kelarutan alkohol berkaitan dengan gugus OH yang bersifat polar , sementara R bersifat non polar . Kelarutan dalam air berlangsung disebabkan oleh ikatan hidrogen antar alkohol dan air .

sifat kimia alkohol

    gugus OH merupakan gugus yang cukup relatif sehingga mudah terlibat dalam berebagai jenis reaksi


 KEISOMERAN PADA ALKOHOL
Senyawa yang mempunyai rumus molekul sama disebut isomer . Keisoran dapat terjadi karena perbedaan struktur / karena konfigurasi . Struktur menggambarkan bagaimana atom – atom saling berekaitan dalam satu molekul , yaitu menggambarkan pada mengikat apa , sedangkan konfigurasi menggambarkan susunan ruang atom – atom dalam satu molekul .

  keisomeran optik

kp dalam alkohol mulai terdapat pada proponal yang mempunnyai 2 isomer , yaitu 1 proponal dan 2 proponal
untuk menentukan keisomeran alkohol ( posisi ) , mulailah dengan memikirkan kerangka atom karbonnya , kemudian memikirkan kemungkinan posisi yang berbeda pada setiap bentuk kerangka atom karbon .

  keisoran optik

terdapat pada alkohol tt spt 2 butanol , mempunyai 2 isomer optik 



Reaksi – Reaksi Alkohol        
    • bereaksi dengan H*
CH3 OH + HCL             CH3 + H2O
    • bereaksi dengan PCL 3
CH3 CH2 OH + PCL3             CH3 CH2 CL
    • bereaksi dengan logam
C2H5 OH + Na               C2H5  DNa + ½ H2
    • dipanaskan dengan asam
CH3CH2OH  +  H2SO4               CH2  = CH2
    • Esterifikasi
    • Dehidrasi Alkohol 
.

      Reaksi – Reaksi Alkohol 
Beberapa alkohol dalam kehidupan

metanol

metanol dapat dipakai jadi pelarut, buat senyawa organik beda seperti ester dapat dirubah jadi alkanal (metanal/resmi dehid), serta selanjutnya dengan untuk buat polimer/plastik. dinegara dingin, dengan pencampur air dalaam radiator.
Metanol beruopa cairan pada suhu kamar serta tidak berwarna tapi berbau. Ia gampang terbakar hingga jadikan bahan bakar. Ia dapat di buat dengan mereaksi CO+ H2 pada suhu dengan terdapatnya katalisator. adalah toksin dapat mengakibatkan kebutaan.

Etanol

Banyak digunakan baik jadi pelarut maupun kombinasi minuman keras, jadi antiseptik. Tidak beracun, berbentuk memabukkkan mengakibatkan kantuk.
Dubuat dengan peragian dengan karbohidrat.

Etilien glikol 


anyak digunakan sebagai pelarut.

Senyawa yang penting gliserol / gliserin – CH2 OH
                                                                    CH2 OH
                                                                    CH2 OH
Gliserol adalah cairan kental , tidak berbau , rasanya manis

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Tepung Kentang Untuk Gizi Serta Industri Terapan

Umumnya beberapa juru masak telah punya kebiasaan dengan manfaat bahan pengental dari tepung jagung, namun tepung kentang lebih kurang juga miliki peranan yang sama, kata beberapa ilmuwan pada AAFC (Agriculture and AgriFood Canada/Pertanian serta Bahan Pangan Kanada).

Mereka tengah melakukan satu project untuk menguji selanjutnya struktur serta manfaat dari tepung kentang, tingkatkan kwalitas gizi makanan dari kentang serta meningkatkan manfaat baru tepung kentang yang telah dimodifikasi untuk pemrosesan makanan, farmasi serta industri terapan.

Saat ini tepung kentang digunakan oleh industri pemrosesan makanan jadi pengental, pengikat, pembentuk, bahan anti lengket atau bahan bebrapa supaya.

Tepung ini digunakan dalam beberapa produk jadi seperti kudapan (makanan ringan), daging olahan, makanan panggang, mie, makanan hewan piaraan, parutan keju, saus, gravies kuah daging serta sup. Tepung kentang juga dipakai dalam penyaringan ragi dan jadi bahan penambahan pada kosmetik serta industri f…

Cara Mudah Buat Pati Kentang sendiri dirumah

ada yang menyebutnya dengan tepung kentang lalu pati kentang banyak pula yang menamainnya dengan potato starch dan pati kentang ini sering muncul dalam resep bebas gluten sebagai pengental bukan tepung.

Aci kentang tidak selalu umum di jual di toko kelontong, tetapi jangan kawatir loh Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Jumlah pati hasil proses ini bervariasi dengan usia dan jenis kentang yang digunakan. Untuk hasil terbaik, gunakan kentang yang besar, kentang russet dengan kadar pati tinggi.

Langkah 1
Lapisi saringan dengan dua lapis kain tipis, dan tempatkan saringan di atas mangkuk.
Langkah 2
Parut kentang, menggunakan set lubang terkecil di parutan, ke kain tipis.
Langkah 3
Lipat ujung kain keju di atas dan di atas kentang untuk menutupi.
Langkah 4
Tekan ke atas kain tipis sampai cairan kanji dari kentang mengalir ke dalam mangkuk.
Langkah 5
Buka kain tipis dan tuangkan ½ cangkir air di atas kentang.
Langkah 6
Tutup lagi dengan kain katun tipis dan remas kentang untuk dialirkan ke dalam man…

Pembuatan Pati Kentang atau Potato Starch atau Aci

Berikut ini adalah praktikum dari tutorial pati kentang

I. TUJUAN PERCOBAAN
Dapat ketahui tehnik pembuatan pati terlebih pati kentang (Solanum tuberosum).
Ketahui langkah mengecek pati kentang terlebih berkaitan mengenai pemerian, langkah identifikasi, mikroskopis, dan lain-lain.
Peroleh pengetahuan mengenai semua suatu hal yang terkait dengan pati kentang.

PEMBUATAN SIMPLISIA AMYLUM SOLANI
(Solanum tuberosum Linn)

II. TEORI PERCOBAAN
2. 1 Pati Dengan umum
Pati adalah senyawa organik tunggal yang didapati pada tanaman berklorofil, jadi hasil fotosintesis di mana dapat didapati jadi simpanan karbohidrat atau bahan cadangan makanan untuk tumbuhan. Manfaat pati untuk tanaman yaitu jadi cadangan makanan yang disimpan dalam biji atau rongga medulla yang terserang cahaya matahari, perineal dan pada kulit batang. Biasanya untuk tanaman didapati dalam jumlah besar dalam umbi serta rimpang.
Pati banyak didapati dalam jumlah besar dalam tanaman padi-padian serta kentang. Untuk negara Amerika Serikat pat…